SEARCH ENGINE



MAKALAH SEMINAR INTERNET

“CARA KERJA,FUNGSI DAN DAMPAK DARI
SEACRH ENGINE”


Makalah Ini Di Buat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Seminar Internet




STMIK-Jabar-300x300.jpg
 














Oleh :
Wildan Ramdani
164060018


TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK JABAR
2017

BAB I

PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang


Perkembangan dunia teknologi saat ini begitu cepat. Begitu juga dengan perkembangan masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi khususnya internet. Dimana informasi  dari berbagai sumber dapat di cari dengan begitu mudah. Search engine atau sering dikenal dengan nama Search Engine merupakan elemen penting dalam mecari informasi melalui internet.Pernanan search engine sebagai gerbang untuk membuka dan mencari informasi dari berbagai situs.
            Beberapa perusahaan membuat search engine tentu dengan tujuan untuk mempermudah pencarian di internet. Dengan menuliskan kata apa yang kita cari, maka seketika akan muncul informasi-informasi yang kita butuhkan. Namun kita jarang mengetahui cara kerja fungsi yang terdapat dalam sebuah search engine begitu juga dengan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari kita.
            Berdasarkan hal tersebut maka penulis akan membahas tentang seach engine dengan judul cara kerja dan fungsi serta dampak dari  search engine. Dengan tujuan agar kita mempunyai wawasan dan pengetahuan lebih mengenai search engine.

1.2   Identifikasi Malasah

Melihat semua hal yang melatar belakangi tentang search engine, maka penulis menarik beberapa masalah dengan berdasarkan kepada :
1.      Kurangnya pengetahuan kita terhadap cara kerja, fungsi dan dampak dari sebuah search engine.

1.3  Batasan Masalah

Karena cakupan mengenai search engine begitu luas,dan begitu banyaknya Search engine maka penulis hanya memaparkan terntang :
1.      Cara kerja dari sebuah search engine
2.      Fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah search engine Google.
3.      Dampak positif dan negatif dari search engine dalam kehidupan sehari-hari.

1.4  Tujuan

Tujuan dari makalah ini agar kita lebih mengetahui tentang bagaimana cara kerja dan fungsi fungsi yang terdapat dari sebuah search engine dan mengetahui dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari.





BAB II

PEMBAHASAN


2.1    Sejarah

Saat awal perkembangan internet, Tim Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini. Dengan semakin banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalah Archie yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v". Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.






search_engine.png


Gambar 2 1 Search Engine
 
 












Search engine lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu Search engine pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset pada tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak Search engine yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah safari web browsing yang aman dan untuk publik. Masing-masing bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian meluncurkan Search engine sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-Search engine yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Search engine juga dikenal sebagai target investasi internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan Search engine yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan Search engine, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja, contoh Northern Lightsebelumnya diketahui merupakan salah satu perintis layanan Search engine di internet.[1]

2.2    Cara Kerja Search Engine


2.2.1        Cara Kerja

Search engine web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian Search engine, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Selain halaman web, Search engine juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audiofile video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
cyber4rt.com_Cara Kerja Mesin Pencari Di Internet.pngKetika seseorang mengunjungi Search engine dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.







Gambar 2 2 Cara Kerja Search Engine
 
 

 

 


Search engine akan dioperasikan dengan urutan berikut : 
1.      Web Crawling
       Search engine akan menyimpan informasi banyak halaman web yang diambil dari WWW. Halaman tersebut diambil oleh program yang bernama web crawler/web spider/web robot. Isi halaman tersebut selanjutnya akan dianalisis untuk menentukan cara indeksnya dan disimpan dalam database indeks untuk pencarian selanjutnya. Kata-katanya dapat diambil dari judul, sub judul, maupun field khusus yang disebut meta tag.
Search engine juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, sertainformasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Web Crawler juga secara otomatis mengidentifikasi semua link yang terhubung dengan halaman web dan ditambahkan di urutan URL yang dikunjungi.
2.      Indexing
Data yang sudah disimpan dalam database Search engine lalu dianalisa menurut persentase jumlah kata, penggunannya di title, meta, heading, dengan menggunakan algoritma sehingga kualitas dari halaman web diketahui. Setelah itu, Search engine mengurutkan data berdasarkan kualitas halaman web lalu diperoleh ranking pada halaman hasil pencarian (page rank).
Seteleh proses di atas selesai, website sudah masuk dalam database Search engine atau disebut dengan terindex.
3.       Searching
Ketika kita memasukkan pencarian ke dalam search engine, search engine akan memeriksa database index dan memberikan daftar halaman web yang paling cocok menurut kata kunci yang kita masukan.[2]

2.2.2        Proses Pencarian

Melakukan pencarian dokumen yang dimuat pada suatu situs bisa begitu mudah dan kelihatannya mungkin sulit juga. apalagi mengingat begitu menyebarnya informasi di mana-mana, bahkan University of Calofornia menyebutkan saat ini telah terdapat lebih dari 50 miliar halaman web di internet, meskipun tidak ada ada satupun yang benar-benar tahu jumlah persisnya.kesulitan yang mungkin terjadi adalah karena WWW tersebut tidak terdata dalam bentuk yang terstandardisasi isinya. tidak sama halnya dengan katalog yang ada di perpustakaan, yang memiliki standardisasi secara mendunia berdasarkan subjek dari judul buku, meskipun jumlahnya juga tidak sedikit.
Dalam pencarian di web, pengguna selalu memperkirakan kata apa yang di kira-kira terdapat pada halaman yang ingin anda temukan. atau kira-kira apa subjek yang dipilih oleh seseorang untuk mengelola halaman situs yang mereka kelola, topik apa saja kira-kira yang di bahas.Jika pengguna melakukan apa yang dikenal dengan pencarian pada halaman web, sebenarnya tidaklah melakukan pencarian. tidak mungkin melakukan pencarian di WWW secara langsung.Pada web benar-benar terdiri dari banyak sekali halaman web yang ingin disimpan dari berbagai server diseluruh dunia. Komputer pengguna tidak langsung melakukan pencarian kepada seluruh komputer tersebut secara langsung.
Apa yang mungkin pengguna lakukan hanyalah melalui komputer untuk mengakses satu atau lebih perantara yang disebut dengan alat bantu pencarian yang ada saat ini. Melakukan pencarian pada alat bantu itu tadi ke database yang dimiliki. database tersebut mengkoleksi situs-situs yang ditemukan dan simpan.Alat bantu pencarian ini menyediakan hasil pencarian dalam bentuk hypertext link dengan URL menuju halaman lainnya. ketika anda klik link ini, dan menuju ke alamat tersebut maka dokumen, gambar, suara dan banyak lagi bentuk lainnya yang ada pada server tersebut disediakan, sesuai dengan informasi yang terdapat di dalamnya. layanan ini bisa menjangkau ke manapun di seluruh dunia. [1]
Search engine juga memiliki beberapa prinsip umum, sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan mekanismenya.dan berikut adalah prinsip umum Search engine:
·         Spider
Merupakan program yang men-download halaman-halaman yang mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser menapilkan secara langsung informasi yang ada (baik tekas, gambar, dll). Untuk kepentingan manusia yang menggunakannya pada saat itu, sedangkan spider tidak melakukan untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena kepentingannya adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, spider pun dijalankan oleh mesin secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang dikunjunginya untuk disimpan kedalam database yang dimiliki oleh search engine. [1]
·         Crawler
Merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya. Tugasnya adalah untuk menentukan spoder harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine. [1]


·         Indexer
Komponen ini melakukan aktivitas untuk menguraikan masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTMLkhusus, dll. [1]
·         Database
Merupakan tempat standar untuk menyimpan data-data dari halaman yang telah dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. kadang kala disebut juga dengan index dari suatu search engine. [1]
·         Result Engine
Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat dari hasil pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman mana yang menemui kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan penggunanya, dan bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan.Proses ini dilaksanakan berdasarkan algoritma perangkingan yang dimiliki oleh search engine tersebut, mengikuti kaidah perangkingan hakaman yang dipergunakan oleh mereka adalah hak mereka, para peneliti mempelajari sifat-sifat yang mereka gunakan, terutama untuk meningkatkan pencarian yang dihasilkan oleh serach engine tersebut. [1]
·         Web Server
Merupakan komponen yang melayani permintaan dan memberikan respon balik dari permintaan tersebut. Web Server ini biasanya menghasilkan informasi atau dokumen dalam format HTML. Pada halaman tersebut tersedia layanan untuk mengisikan kata kunci pencarian yang diinginkan oleh usernya. Web Server ini juga bertanggung jawab dalam menyampaikan hasil pencarian yang dikirimkan kepada komputer yang meminta informasi. [1]

2.3  Fungsi-Fungsi Yang Terdapat Dalam Sebuah Search Engine


Dalam halaman utama sebuah search engine tentunya ada banyak menu-menu yang di tampilkan. Mulai dari kolom pencarian , kategori pencarian dan hasil dari pencarian. Akan tetapi kita jarang mengetahui fungsi-fungsi yang terdapat dalam sebuah seacrh engine. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari search engine Google.



2.3.1        Google
Google muncul pada akhir tahun 1997, di mana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan Search engine, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, di mana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia Search engine yang cukup diperhitungkan di dunia.
Berikut adalah tampilan utama Google Search
 












Fungsi-fungsi yang terdapat dalam Google Search :
1.      Kolom Pencarian
Kolom pencarian ini berfungsi untuk memasukan kata kunci apa yang kita cari di internet, dalam kolom pencarian kita juga bisa memasukan URL dari sebuah alamat website. [3]
 






 

 


2.      Hasil Pencarian
Kata kunci yang kita tulis di kolom pencarian , akan menghasilkan berbagai jenis informasi yang terkait dengan kata kunci kita.
 









                                               

Kemudian kita bisa menggunakan filter pencarian sesuai dengan kebutuhan, misalnya menampilakan Maps,Berita,Gambar, Video, Buku dan lain-lain. [3]
         
3.      Layanan Periklanan
     Google juga menyediakan Layanan periklanan yang teringrasi dengan semua Produknya. Mulai dari layanan iklan di Google Seacrh,Google Assistant, Gmail, Youtube dll. [3]
Gambar 2 6 Layanan Pengiklan Di Google Search
 
   

















4.      Layanan Bisnis
Selain Iklan Google juga menyematkan Layanan Bisnis di Seach Engine nya. Layanan ini memudahkan kita sebagai pelaku usaha untuk mempromosikan barang dan lokasi bisnis kita dan terintegrasi langsung dengan google map dan google assistant. [3]


 











5.      Sinkronisasi dengan Berbagai Produk Google.
Dalam Search Enginge Google,terdapat menu untuk Login dengan akun google. Dan dengan kita memasukan akun tersebut maka akan otomatis sinkron dengan semua produk google. [3]


 

















6.      Tentang,Privasi dan Setelan
Google Juga menampilkan menu Tentang, Pengaturan Privasi dan Setelan . sehingga kita bisa mengkostumisasi sesuai degan yang kita inginkan.[3]


2.4   Dampak Search Engine dalam Kehidupan Sehari-hari

Kemajuan dari sebuah teknilogi tentunya akan berdampak langsung dengan kehidupan kesseharian kita, baik itu berdampak positif maupun negatif.

2.4.1        Dampak Poisitif Search Engine


·         Dengan adanya Search engine pengguna internet dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari hanya dengan mengetikan kata kuncinya
·         Search engine dapat menaikkan traffic dari sebuah web
·         dalam sebuah kasus Google juga membantu seorang pria yang bernama Dr. Scott Becker, seorang pria yang bermukim di Atlanta, Amerika Serikat, reuni dengan puterinya yang telah terpisah 30 tahun berkat pertolongan dunia maya.
·         Dengan adanya layanan google seperti Google erath dapat membantu ahli geologi,maupun orang-orang lainnya untuk dapat melihat lokasi yang dicari
·         Menambah pengetahuan
·         Mempercepat pencarian informasi yang jelas beserta gambarnya.

2.4.2        Dampak Negatif Search Engine


·         Penyuspun ke arsip – arsip rahasia di dunia maya
·         konten pornografi yang tidak di filter, sehingga dapat diakses semua kalangan
·         pempublikasian data – data rahasia yang terkadang tersaring dan masuk dalam fitur pencarian di google.
·         terlalu terbuka dalam menghimpun informasi
·         Sebagai portal pencari informasi Google bukanlah aplikasi yang aman, karena ia hanya mencari berdasarkan perintah yang dituliskan oleh pengguna. Entah itu baik atau buruk. Entah itu sopan atau tidak. Entah itu serius atau main-main. Entah itu up to date atau out of topic. Entah itu berguna atau tidak.










BAB III

PENUTUP


3.1   Kesimpulan

Search Engine merupakan elemen penting untuk memperoleh informasi yang kita butuhkan dari internet. Beberapa perusahaan seperti google, yahoo, microsoft membuat search engine untuk memudahkan kita memperoleh informasi,mengakses website dan lain-lain.
Akan tetapi kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja, fungsi dan dampak dari seacrh engine sebagai tambagan ilmu pengetahuan kita. Pada akhirnya kita bisa lebih bijak dalam menggunakan search engine.

3.2   Saran

Mengingat begitu mudahnya akses informasi yang kita bisa dapatkan dari search engine maka penulis memberikan beberapa saran;
1.      Gunakanlah kata kunci yang tepat dalam mencari informasi yang kita inginkan, supaya kita lebih mudah mendapatkan informasi yang sesuai.
2.      Perlu adanya pengawasan apabila anak-anak menggunakan search engine karena rentan terhadap konten-konten negatif.
3.      Berhati-hatilah dalam mengakses website karena banyak yang mengandung virus-virus seperti malware dan spyware yang akan  masuk ke komputer kita tanpa kita ketahui.


















DAFTAR PUSTAKA


3.       https://www.google.co.id



Komentar